“Pasar Klewer” Kenangan Terindah Anne Avantie di Indonesia Fashion Week 2015

w25

Mempunyai kenangan akan kota Solo, bagi Anne Avantie adalah sebuah nafas dan cinta, sebagai wujud persembahannya ia tampilkan karya terbarunya dengan mengambil tema “Pasar klewer Riwajatmoe Kini” di hari terakhir Indonesia Fashion Week 2015, minggu 1 maret 2015.

Pasar Klewer adalah pasar terbesar di Solo, menjual berbagai jenis tekstil, terutama yang terkenal Batik, selain itu ada juga makanan, hingga pernak pernik perhiasan dijual disana. Letaknya berdekatan dengan Keraton Solo dan alun-alun.

Pada era 90an adalah puncak kejayaan Pasar klewer, sehari saja transaksi bisa mencapai Rp. 8 milliar perharinya, dengan hampir 2000 pedagang memilik kios maupun yang tidak memiliki kios, dengan membuka diemperan toko.

Penghujung tahun 2014 terjadi kebakaran hebat yang melanda Pasar Klewer, mendengar kabar tersebut Anne Avantie terkejut dan sedih, karena banyak kenangan terindah di Pasar Klewer Solo. Melihat kondisi tersebut Anne Avantie pun datang kelokasi, dari dekat ia bisa merasakan apa yang terjadi, banyaknya kehilangan harta benda yang dialami para pedagang disana, memberikan inspirasi Anne untuk membantu sesama, sebagai disainer kebaya terkenal, iapun mengambil beberapa potongan sisa kain dan batik yang terbakar untuk dibawa pulang.

Dengan tangan terampilnya, diwujudkanlah sebuah mahakarya yang dibawakan dengan apik dan anggun oleh berbagai model terkenal di Indonesia Fashion Week 2015, salah satunya Whulandary Herman Top 16 Miss Universe 2013 dan Puteri Indonesia 2013.

Batik-batik tersebut menyatu dalam balutan kebaya berbagai bentuk, menjadi sebuah Mozaik, hadir juga penyanyi era 70an Berliana Hutahuruk dengan lantunan lagu “Badai Pasti Berlalu” diiringi puluhan pesohor, dari selebriti Julia Perez, Penyanyi Nowela hingga disainer Hengky Komaladi, membawa bunga mawar dibagikan kepada hadirin yang hadir malam itu.

Bagi Anne Avantie sendiri inilah persembahannya untuk kota Solo, baginya para pedagang harus bersemangat lagi menatap hari esok, dengan bangkit dan berjualan kembali, Pasar klewer Riwajatmoe Kini.

(is)

Comments

comments