Gelar Batik Nusantara 2015 Kembali Diadakan Dengan Mengambil Tema Batik Pemersatu Bangsa

GBN2015

Dalam memperkenalkan Batik sebagai warisan asli budaya Indonesia, Yayasan Batik Nusantara (YBI) yang didirikan pada tanggal 28 Oktober 1994, pada tahun ini kembali menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara 2015, yang akan diadakan selama 5 hari dari tanggal 24-28 Juni 2015 bertempat di assembly hall, plenary hall dan main lobby, Jakarta Convention Center (JCC) dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Bertempat di Gedung Kementrian Perindustrian Gatot Subroto Jakarta, rabu (17/6) diadakan press conference Gelar Batik Nusatara 2015 (GBN), yang turut dihadiri Ratna Djoko Suyanto, Titiek Djoko, Jultin Ginandjar Kartasasmita, Doddy Soepardi, Titiek Djoko dan Inne Hakim Tohir dari YBI.

GBN 2015 mengambil tema “Batik, Pemersatu bangsa”, dalam rangkaian agendanya akan ada pameran batik dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara, ada batik Pekalongan, batik pesisir, batik Belanda dan batik dari Indonesia bagian timur, khususnya Papua dan koleksi batik dari Ibu Ani Yudhoyono.

Selain pameran batik ada juga fashion show, talk show, simposium dan live music. Untuk fashion show akan menghadirkan 14 designer ternama Indonesia diantaranya ada, Danar hadi, Parang Kencana, Carmanita, Ghea Panggabean, Nes, BI, Barli Asmara, Didiet Maulana, Lenny Agustin, Dian Pelangi, Tayada, Nita Seno Adji dan Wignyo Rahadi.

Sesi talk show adalah agenda yang sangat menarik untuk pengunjung, dimana mereka akan diajak untuk interaksi langsung, sesi talks show ini menghadirkan Kampung Batik Palbatu, Celap Celup Warna Alam dari Warlami, Batik Keraton Yogyakarta dan Cerita Batik dari Iwet Ramadhan

Untuk simposium akan dihadirkan pembicara oleh Dr. Dipo Alam. MEM, sedangkan sesi pertama di hari kamis, 25 juni 2015 hadir pembicara Abedmenda (Owner Batik Gunung Jati, Cirebon), Pornravee Poocharoen DDS. MBA (Former Deputy Chief Executive of Lamphun Provincial Org) dan Prof. Dr. Ahmad M. Ramli SH, MH (Dirjen HKI Kementerian Hukum dan HAM RI) dengan mengambil topik “Perlindungan Batik Nusantara”.

Sementara itu untuk sesi kedua akan hadir pembicara Brigitte Willach (Artist & Teacher Contemporary Batik in Germany), Yanyan Sunarya, S.Sn., M.Sn. (Doktor Bidang Batik Sunda), Citra Subiakti (Designer) dan Carmanita sebagai moderator dengan topik “Batik, Generasi Muda”.

Dalam kesempatan prescon tersebut Ratna Djoko Suyanto dari Yayasan Batik Nusantara mengatakan, “selain agenda yang sudah tersusun seperti simposium, fashion show, live music dan talk show, Gelar Batik Nusantara 2015 juga akan menghadirkan Duta Batik sebagai Batik untuk generasi muda dan acara ini terbuka untuk umum”.

(is)

Comments

comments