Fenomena Mahabharata Drupadi Hingga Pandawa Lima

dian12
Mahabharata adalah sebuah karya sastra kuno dari Begawan Byasa atau Vyasa dari India. Kisah Mahabharata berawal dari konflik Pandawa Lima dengan saudara sepupu mereka Korawa, berlanjut dengan sengketa hak pemerintahan di tanah negara Astina Puncaknya adalah perang Bharatayuddha di medan Kurusetra.

Dilain kisah ada sosok wanita cantik bernama Drupadi, saat dewasa sang ayah Drupada mengadakan sayembara memanah untuk mencari menantu. Sayembara itu hampir dimenangkan Karna, tetapi Drupadi menolak menjadi istri seorang anak kusir. Arjuna yang menyamar brahmana datang dan mengikuti sayembara dan berhasil memenangkan Drupadi. Kisah berlanjut Drupadi harus menikahi keempat saudara Arjuna yang lainnya.

drupadi

Mahabharata karya sineas Bollywood adalah serial epik yang tayang di Antv, pada era tahun 90-an pernah tayang di TPI (sekarang menjadi MNCTV), dalam serial ini yang berperan sebagai Drupadi adalah Pooja Sharma Top 10 semifinalist Femina Miss India 2006.

Drupadi versi film pendek Indonesia

“Demi langit dan bumi, demi harkatku sebagai Putri Agni, aku tak akan mengikat rambutku, sebelum mencucinya dengan darah Dursasana.”

dian1

Drupadi adalah adaptasi dari bagian cerita epik Mahabharata dari India. Film ini menggambarkan cerita sang Drupadi (Dian Sastrowardoyo Gadis Sampul 1996), istri dari kelima bersaudara yang dikenal sebagai Pandawa. Film ini tidak hanya adalah cerita tentang Drupadi, namun juga sebuah kiasan tentang dunia modern, sebuah simbol di mana seorang wanita memperjuangkan sebuah dunia yang didukung keadilan dan persamaan hak.

Drupadi disutradarai Riri Riza. Banyak bintang di Drupadi. Diantaranya, Dian Sastrowardoyo (Drupadi), Nicholas Saputra (Arjuna), Dwi Sasono (Yudhistira), Ario Bayu (Bhima), Doni Alamsyah (Adipati Karna) dan Butet Kartaredjasa (Patih Sengkuni) diproduksi Sinemart pictures bekerjasama dengan Miles Films dan yayasan Bagong Kussudiardja.

Pandawa Lima kisah Mahabharata versi Sinetron

Pandawa Lima adalah kisah Mahabharata yang akan segera tayang di Trans TV, mengandeng rumah produksi Genta Buana Paramitha, yang sering membuat sinetron kolosal dahulu langganan tayang di Indosiar. Lokasi syuting sebagian di daerah Pangadaran. Dari segi kostum hampir mirip dengan serial Mahabharata, hanya yang membedakan para Pandawa Lima memakai kain Batik khas Indonesia.

dian4

dian10

dian13

 

Beberapa artis yang turut bermain di Serial Mahabarata versi sinetron Indonesia antara lain Rico Verald , Ario Tegar Gumilang, dan Dave Swatt.

Dave Swatt pemuda kelahiran Bali Top 10 Finalis L-Men Of The Year dan The Most Photogenic 2011 perwakilan Bali.

 

Sumber Wikipedia dan instagram Dave Swatt dan Ario Tegar Gumilang (is)

Comments

comments