Desainer Andalan Beberapa Negara Peserta Miss Universe

pi3

Selain harus mengikuti rangkaian karantina kompetisi Miss Universe, para kontestan Miss Universe juga mempunyai gaun malam unggulan mereka, ada beberapa negara yang mempercayakan kepada para disainer andalan mereka, berikut diantaranya :

1. Shane and Falguni Peacock (India)
Pasangan suami istri yang memulai usaha fashion pada Agustus 2012 ini berhasil mengantarkan Manasi Moghe menjadi Top 10 Miss Universe dengan gaun mermaid berwarna soft pink. Tak lupa pula prestasi terbaru designer ini dalam kategori World Fashion Designer dengan gaun sekuin silver-hitam-emas yang dikenakan oleh Koyal Rana di sesi Top Model Miss World 2014 London.

Selebriti Hollywood sekaliber Fergie, Paris Hilton, Demi Lovato, Lady Gaga dan Jennifer Lopez pernah mengenakan pakaian yang dihasilkan dari tangan dingin pasangan designer asal India ini.

Dan rencananya di Miss Universe 2014 yang akan dilangsungkan di Doral Miami nanti, Noyonita Lodh akan mengenakan evening gown lengan panjang dengan full sequence berwarna silver karya Falguni and Shane Peacock.

2. Harry Robles (Puerto Rico)
Desainer asal San Juan, Puerto Rico ini awalnya bekerja pada fashion designer Carlota Alfaro dan David Fernandez. Kemudian pada tahun 1994, ia memulai usaha fashion dengan namanya sendiri. Fashion show pertamanya di tahun 1994 menampilkan lebih dari 80 koleksi pakaian wanita mulai dari dress hingga gaun panjang dengan berbagai bahan dan model. Mulai saat itulah gaun-gaun rancangan Robles menjadi langganan tokoh-tokoh terkemuka di Puerto Rico.

Robles ditunjuk sebagai desainer yang bertanggung jawab untuk mendesain gaun wakil Puerto Rico di Miss Universe 2011 (Viviana Ortiz) dan Miss Universe 2013 (Monic Perez), keduanya sukses menjadi semifinalis (top 16).

Pada ajang Miss Universe 2014 wakil Puerto Rico, Gabriela Berrios, kabarnya akan mengenakan gaun rancangan Robles. Sebelumnya, Gabriela mengenakan gaun strapless berwarna biru muda rancangan Robles di ajang Miss Universe Puerto Rico 2014 dan memenangkan ajang tersebut.

3. Gionni Stracia (Venezuela)
Stracia lahir di Valencia, Venezuela pada tahun 1970. Pada usia muda ia berkesempatan untuk memamerkan hasil karyanya di Caracas Mercedes Benz Fashion Week. Tahun berikutnya, Stracia diajak Osmel Sousa (Presiden Miss Venezuela Org) untuk bergabung dengan tim fashion Miss Venezuela karena Osmel terkesan dengan gaun-gaun hasil karyanya.

Stracia mendapatkan sorotan publik internasional setelah gaun yang didesainnya berhasil mengantarkan Dayana Mendoza (Miss Universe 2008) dan Stefanía Fernández (Miss Universe 2009) meraih kemenangan back-to-back pertama sepanjang sejarah Miss Universe.
Gionni Straccia juga mendesain gaun preliminary Maria Gabriela Isler di Miss Universe 2013, serta gaun kemenangan Miss World 2011 Ivian Sarcos dan Miss Earth 2013 Alyz Henrich.

4. Alfredo Barraza (Colombia dan Philippines)
Barraza telah menjadi desainer tetap untuk wakil Colombia dan Philippines di ajang Miss Universe selama bertahun-tahun. Ingat gaun putih bersayap milik Lucia Aldana di babak preliminary Miss Universe 2013? ingat gaun silver “very very flowly” yang dikenakan Venus Raj di sesi gaun malam Miss Universe 2010? atau gaun kuning mengembang yang mengantarkan Ariela “Ara” Arida masuk top 5 Miss Universe 2013? Yup, kedua gaun “unik” tersebut merupakan kreasi dari Barraza, yang juga dikenal sebagai sahabat dekat Presiden Binibining Pilipinas Mrs. Stella Araneta.

5. Alexandre Dutra (Brazil dan Angola)
Designer asal Brazil ini merupakan sosok dibalik penampilan menawan wakil Brazil di sesi kompetisi gaun malam Miss Universe 2007 (Natália Guimarães), Miss Universe 2012 (Gabriela Markus) dan Miss Universe 2013 (Jakelyne Oliviera). Pada akhirnya Natália sukses menjadi 1st RU Miss Universe 2007, Gabriela meraih 4th RU Miss Universe 2012 dan Jakelyne mendapatkan gelar 4th RU Miss Universe 2013.

Selain itu, gaun kemenangan Leila Lopez (Angola) di Miss Universe 2011 merupakan gaun kreasi designer yang bermukim di Minas Gerais ini. Gaun senilai US $ 11.000 dan berwarna putih gading ini disebut-sebut sebagai salah satu aspek yang menonjolkan sisi elegan Leila dan akhirnya mengantarkan Leila menjadi juara Miss Universe 2011 yang diselenggarakan di Sao Paulo, Brazil.

6. Anaz Khairunnas (Indonesia)
Nah ini dia desainer kesayangan fans pageant Indonesia. Muda, bertalenta, dan penuh dengan kejutan. Anaz Khairunas aka ANAZ merupakan desainer muda lulusan LPTB (Lembaga Pengajaran Tata Busana) Susan Budiharjo. Pria kelahiran Sumenep ini telah sukses mendandani wakil Indonesia di berbagai ajang kecantikan beberapa tahun terakhir ini. Sebut saja gaun orange beraksen batuan hijau yang dikenakan Liza Elly di salah satu event Miss International, gaun lengan panjang gemerlapan yang menghiasi tubuh semampai Maria Selena di acara welcoming party Miss Universe 2012, gaun berwarna orange yang dikenakan oleh Margenie Winarti di Miss Grand International 2014 dan pastinya gaun Java Blossom yang mengantarkan Whulandary menjadi wanita Indonesia kedua yang menginjakkan kaki sebagai semifinalis (top 16) di ajang Miss Universe 2013.

Setelah kesuksesan Java Blossom di MU 2013, tentunya fans Indonesia berharap ANAZ akan sukses mengantarkan Elvira Devinamira menjadi wanita Indonesia selanjutnya yang sukses di ajang Miss Universe dengan gaun-gaun yang stunning dan luar biasa.

Sc:Foto & Artikel by Ibnu Wardhana for Indonesian Pageants (rm)

Comments

comments