Miss Bangka Belitung Natasha Mannuela Terpilih sebagai Miss Indonesia 2016

missIndonesia2016-4

Ajang pemilihan wakil Indonesia di ajang Miss World 2016, Miss Indonesia 2016 sukses digelar dengan dinobatkannya Natasha Mannuela (Miss Bangka Belitung) sebagai pemenang setelah menyisihkan 33 perempuan cantik dari seluruh propinsi di Indonesia. Malam final Miss Indonesia yang ke 12 ini disiarkan langsung di RCTI dari Studio 14 dengan dipandu oleh host Daniel Mananta, Robby Purba dan Amanda Zevannya dan tidak lupa selaku host red carpet adalah Maria Rahajeng (Miss Indonesia 2014 & Top 25 Miss World 2014) & Elizabeth Rahajeng.

Para dewan juri yang didapuk untuk proses penentuan juara adalah Ibu Liliana Tanoesoedibjo (Ketua Dewan Juri), Ibu Wulan Tilaar (Vice Chairwoman Martha Tilaar Group), Mrs. Noor Sabah Nael Traavik (Istri Duta besar Norwegia untuk Indonesia), aktor Ferry Salim dan penata rambut Peter F. Saerang. Tidak ketinggalan juga malam final dimeriahkan dengan kedatangan tamu istimewa yaitu Mr. Steve Douglas dari Miss World Organization dan tentu saja Miss World 2015 – Mireia Lalaguna dari Spanyol.

Rangkaian acara dimulai dengan Opening Dance perkenalan ke-34 finalis dalam balutan batik Lesmono. Sesi parade Evening Gown menyusul dimana para finalis terlihat anggun dalam balutan gaun malam. Beberapa favorit IP dalam sesi ini adalah Sumut, Sulut, Lampung, NTT, Kaltim, Jatim, Kalbar, DKI dan Bengkulu. Menyusul salah satu segmen yang paling ditunggu-tunggu yaitu Dance of Nusantara juga kembali dihadirkan untuk kedua kalinya di ajang MI dengan tari Saman sebagai pembuka yang dipertunjukkan seluruh finalis dan tarian tunggal oleh Kaltim, Jatim dan Sumut dan ditutup oleh tari topeng kontemporer.

Pengumuman pertama dilakukan dengan diumumkannya para pemenang fast track yang secara otomatis menjadi bagian dari Top 15. Ke 6 pemenang fast track adalah : Miss DKI Jakarta (Sports) – Yusranie Assipalma, Miss Lampung (Nature & Beauty Fashion) – Kidung Paramadita, Miss Sumatera Utara (Social Media) – Dian Bernika Silalahi, Miss Bali (Catwalk) – Sukma Astiti, Miss Jambi (Talent) – Nita Naomi dan Miss Bengkulu (Beauty With A Purpose) – Editha Aldillasari. Host Daniel Mananta kemudian memanggil 9 finalis lagi untuk melengkapi top 15.

Ke 9 finalis yang beruntung adalah Miss Jawa Timur – Venezia Indra, Miss Kalimantan Tengah – Ellen Gracia, Miss Sulawesi Utara – Natasya Lasut, Miss Kalimantan Barat – Olivia Leanartha, Miss Sulawesi Selatan – Cindy Hanels, Miss Bangka Belitung – Natasha Mannuela, Miss Maluku – Leinda Wattimena, Miss Kepulauan Riau – Nabila Astrid dan Miss Jawa Tengah – Shabira Maharani.

Acara disusul dengan diumumkannya para pemenang atribut yaitu :
Miss Kulit Indah (Cerah Berseri) – Kalimantan Tengah
Miss Social Media Inspiration – Kalimantan Timur
Miss Photogenic – Bengkulu
Miss Online – Sumatera Barat
Miss Lifestyle – DKI Jakarta
Miss Persahabatan – Papua
Miss Favorit – Kalimantan Tengah

Top 15 kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri. Sesi Tanya jawab ini sangat menarik karena beberapa finalis menjawab dalam bahasa Inggris. Yang paling berkesan buat IP adalah Miss Kalimantan Barat (Olivia Leanartha) yang memukau dengan aksen British yang kental sampai host menyebutnya seperti tokoh Hermione Granger dari film Harry Potter. Dari 15 besar akan disaring kembali menjadi 5 besar di babak final.

Sebelum pengumuman 5 besar, Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015, 2nd Runner Up Miss World 2015 dan Miss World Asia) memperlihatkan kemampuannya dalam bermain piano dengan membawakan “Fantasie Impromptu” yang membawanya lolos dalam 13 besar babak Talent di Miss World 2015 dengan memukau. Mahar juga memberikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang telah mendukungnya sehingga mencapai hasil yang membanggakan. Tidak terasa air mata hampir jatuh di pelupuk matanya yang menambah keharuan dan kebanggaan terhadap sosok Mahar. Para finalis juga mempertunjukkan bakatnya dengan perpaduan vocal oleh Miss Bali, DKI, Gorontalo, Papua, Jawa Barat yang diiringi permainan piano oleh Miss Jambi dan gitar oleh Miss Jawa Tengah.

Tibalah saatnya pengumuman Top 5 dan finalis yang terpilih adalah Miss Bengkulu, Sumatera Utara, Lampung, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau dimana semuanya berasal dari Sumatera. Mereka kemudian harus menjawab pertanyaan yang sama yang diajukan oleh Ibu Liliana selaku Ketua Dewan Juri. Sebelum crowning moment, Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015) dan Mireia Lalaguna (Miss World 2015) memberikan salam kepada seluruh penonton di studio dan di rumah. Malam final kemudian ditutup dengan diumumkannya Miss Kepulauan Riau dan Lampung selaku 4th & 3rd Runner Up, Sumatera Utara sebagai 2nd Runner Up, Bengkulu sebagai 1st Runner Up dan Miss Indonesia 2016 adalah Miss Bangka Belitung.

missIndonesia2016

IP mengucapkan selamat kepada Natasha Mannuela sebagai Miss Indonesia 2016. Selamat mengemban tugas dengan berpedoman pada Manner, Impressive, Social dan Smart (MISS) selaku tagline dari Miss Indonesia. Kami mendukungmu untuk bekerja keras dan bertransformasi untuk mencapai hasil yang lebih baik di ajang Miss World 2016 nanti. Selamat sekali lagi !

(lauw/is)

Comments

comments