Antara Miss Great Britain, Miss United Kingdom, dan Miss Universe Great Britain

missworld

Kontes pageant nasional tertua yang diadakan di negara Inggris adalah Miss Great Britain yang pertama kali diadakan pada tahun 1945.Ketika Eric Morley mengadakan Miss World di tahun 1951, juara Miss Great Britain dipilih sebagai wakil Britania Raya di Miss World dan hal ini berlangsung hingga tahun 1957.

Pada tahun 1958, Eric Morley memutuskan untuk mengadakan kontes nasional buatannya sendiri yang diberi nama Miss United Kingdom. Maka sejak tahun 1958 wakil Britania Raya di Miss World digantikan oleh juara Miss United Kingdom. Eric Morley kemudian mengundang tiga negara anggota Britania Raya yang pada saat itu sudah memiliki kontes masing-masing yaitu Miss England, Miss Scotland, dan Miss Wales untuk mengikuti Miss United Kingdom. Pada tahun 1980, satu negara anggota Britania Raya lainnya juga mendirikan kontes mereka sendiri yaitu Miss Northern Ireland yang juga bergabung menjadi peserta Miss United Kingdom.

Maka antara kurun waktu 1960-an hingga 1990-an, pemenang Miss England, Miss Scotland, dan Miss Wales selalu dikirim untuk berkompetisi di Miss Universe pada musim panas (karena ketiganya juga memegang lisensi Miss Universe), setelahnya mereka akan berkompetisi di Miss United Kingdom dan juaranya akan berkompetisi di Miss World.

Tahun 1999, terjadi perubahan politik di Britania Raya di mana setiap negara anggota-nya berhak memiliki parlemen sendiri yang terpisah dari parlemen nasional. Akibat perubahan ini, maka juara Miss England, Miss Scotland, Miss Wales, dan Miss Northern Ireland berhak berkompetisi secara terpisah sebagai negara masing-masing di Miss World.

Maka kontes Miss United Kingdom pun tidak lagi diadakan, namun gelar Miss United Kingdom tetap diberikan setiap tahunnya bagi wakil negara anggota Britania Raya yang memperoleh peringkat tertinggi di Miss World setiap tahunnya. Pada saat ayng hampir bersamaan pun Miss England, Miss Scotland, dan Miss Wales melepas lisensi Miss Universe mereka dan wakil Britania Raya di Miss Universe pun digantikan oleh juara kontes Miss Universe Great Britain sejak tahun 2005.

(aw)

Comments

comments