Mau Nonton Film Pendek Peraih Oscar 2015 Yuk Merapat ke XXI Short Film Festival

xii

Memasuki tahun ketiga penyelenggarannya XXI Short Film Festival, tahun ini kembali dihadirkan kembali oleh Cinema XXI mulai tanggal 18-22 maret 2015 di XXI Epicentrum. Prescon berlangsung di Djakarta Theatre XXI kamis (5/3).

Menghadirkan 651 film pendek yang terbagi dalam 3 kategori kompetisi, yaitu 9 film pendek fiksi, 6 finalis film pendek dokumenter dan 8 finalis film pendek animasi. Ada berbagai penghargaan diperebutkan diantaranya, Film Pendek Terbaik (masing-masing kategori), Film Pendek Pilihan Media dan Film Pendek Penghargaan Khusus IMPAS (Indonesian Motion Pictures Association). Berikut para nominasinya :

Film Pendek Fiksi
1. Jerat Samsara (BW Purba Negara)
2. Seserahan (Jason Iskandar)
3. 05:55 (Tiara Kristiningtyas)
4. Vampire ( Fitro Dizianto)
5. Joshua (Alvin Ardiansyah)
6. Ijolan (Eka Sulistiawati)
7. Onomastika (Loeloe Hendra)
8. Gula-Gula Usia(Ninndi Raras)
9. Lemantun (Wregas Bhanuteja)

Film Pendek Dokumenter
1. Penderes dan pengidep (Achmad Ulfi)
2. Hari Yang Lain Untuk Bakka Sendana (N.Priharwanto)
3. Pulang (Yosafat Disti Okkaviano)
4. Jagal (YB Dipta Diwangkara)
5. Iblis Jalanan ( Salman Farizi)
6. Digdaya Ing Bebaya (BW Purba Negara)

Film Pendek Animasi
1. Biggu Bddy (Ruben Adriano)
2. The Demits (Ruben Adriano)
3. Wachtenstaad (Fajar Ramayel)
4. A Week With Heru (Made Dimas Wirawan)
5. Pret (Firman Widyasmara)
6. Pohon Mahkota Kucing (Moch. Zainuri)
7. Djakarta-00 (Galang Ekaputra Larope)
8. Ngejer Sari !!! (Bonny Bimapoetra)

xxi1

Deretan dewan juri yang akan menilai film pendek tersebut ialah, Teddy Soeriaatmadja, Leni Lolang, Reza Rahardian (juri film pendek fiksi), Moriza Prananda, Tonny Trimarsanto, Vivian Idris (juri film pendek dokumenter), Achmad Rofiq, Aryanto Yuniawan, Dana Riza (juri film pendek animasi), Angga Rulianto, Makbul Mubarak, Rizal Iwan (juri Media), Mandy Marahimin, Dimas Djayadiningrat, Baskoro Adi, Ahsan Andrian dan nur Hidayat (juri IMPAS).

“Setiap tahun kita menemukan peserta baru, ide baru, dan wadah bagi filmmakers, film pendek apa saja bisa diputar di sini. Karena ini menjadi tempat belajar untuk pembuat film pendek” ujar Catherine Keng

Tujuannya dari XXI Short Film Festival adalah untuk mencari filmmaker handal, selama lima hari penyelenggaraanya akan hadir pembicara dari Viddsee yang merupakan salah satu online video platform yang berada di Singapura.

Salah satu kegiatan yang baru pertama kali diadakan di XXI Short Film Festival adalah sharing session, kegiatan pertama kalinya ini akan diisi oleh empat pembicara dari empat perusahan film yaitu, Chand Parwez Servia (produser) StarVision, Putut Widjanarko (produser) Mizan, Yoen K (produser) Maxima Pictures dan Hanung Bramantyo (produser) Dapur Film. Kegiatan ini diadakan bagi mereka yang ingin berkecimpung didunia film dengan langsung mendapatkan ilmu dari pelaku perfilman, bagaimana menjalankan roda perfilman dengan baik dan segala lika likunya.

Kegiatan paling seru adalah Pitching forum dimana filmmaker pemula dapat berkesempatan mempresentasikan ide film pendek mereka dihadapan produser dan pihak Cinema XXI, jika terpilih akan diberikan pendanaan untuk pembuatan film pendeknya.

Selain memberikan penghargaan film pendek karya anak-anak muda Indonesia, di XXI Short Film Festival juga akan menghadirkan sejumlah film pendek internasional ber-genre horor dan thriller juga akan diputar dalam program Fantastic Shorts. Adapun film yang terpilih adalah Ghost Train (2013), Robotics (2013), Shelved (2013), Fol’amor (2013), Mute (2013), Ceremony for A Friend (2014), The Landing (2013), Forever Mine (2013), dan Impostor (2013).

Sementara itu yang paling ditunggu adalah The Phone Call (2013), kehadiran film pendek pemenang piala Oscar 2015 untuk kategori Film Pendek Terbaik akan diputar di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 19 Maret 2015. Seluruh rangkaian kegiatan XXI Short Film Festival 2015 tersebut terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.
(is)

Comments

comments