Melihat Keindahan Seni dan Budaya Indonesia di Indonesian Weekend 2016

indonesian-weekend-2016-1
Indonesian Weekend akhirnya akan segera dilaksanakan selama 2 hari 28-29 Mei 2016 di Potters Field Park, Tower Bridge, London. Acara ini akan menampilkan kebudayaan tanah air yang akan diperkenalkan kepada masyarakat yang ada di London, tidak menutup kemungkinan akan hadir pengujung dari negara eropa lainnya.

Potters Fields Park terletak di jantung kota London, di sisi selatan Sungai Thames memiliki pemandangan sungai dan pemandangan ikonik Tower Bridge, Tower of London, the ‘Gherkin’, kubah kaca Cityhall dan HMS Belfast. Sempat ditutup pada tahun 2006 untuk perombakan besar dan dibuka kembali pada tahun 2007.

Diadakannya selama 2 hari bertepatan dengan libur nasional 30 Mei 2016 di London yang akan memasuki musim panas. Banyaknya masyarakat Indonesia baik yang belajar, bekerja dan menetap diluar negeri. Kerinduan akan kampung halaman terbentur antara jarak dan waktu, kesempatan itu yang ingin dihadirkan Indonesian Weekend yang akan hadir menyapa masyarakat Indonesia dan International.

Berbagai acara akan ditampilkan dari kuliner, fashion show, musik, kesenian tanah air dan pariwisata tanah air. Kesenian Gasing dari dengan koleksi 600 buah, ada berbagai tipe Gasing kecil dan besar, dari bahan bambu dan kayu. Dari dinas kebudayaan Jawa Tengah, Bapak Trenggono akan membawa miniatur Candi Borobudur dari abu vulkanik dan 10 penari dibawah bimbingan penari terkenal Didik Nini Thowok. Permainan musik dari musisi Dewa Budjana, serta kesenian pencak silat akan diperagakan oleh aktor The Raid, Star Wars dan pemain pencak silat Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Untuk fashion akan hadir designer Ali Charisma, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Phillip Iswardono, Poppy Karim, Elizabeth Njo May Fen, Aatri Lestari, Ina Priyono, Phang Sanny, Sav Lavin, Lisa Fitria, YukuMoko dan fashion Hijab.

Dua designer kenamaan tanah air, Deden Siswanto akan menghadirkan busana nuansa borneo, dengan konsep modern look dan ready to wear sedangkan Ali Charisma akan membawa jaket dan gaun modern dengan memadukan Batik Madura.

Hadir dalam press conference selasa (17/5) di Rajawali Room, Departemen Perindustrian. Endang Nurdin sebagai pengagas ide Indonesian Weekend, Taruna Kusmayadi (Indonesia Fashion Chamber), Chef Degan, Ardi Wibowo (Garuda Indonesia), Andre Aksana, Ibu Lili (Senam Poco Poco), Trengono (Dinas Kebudayaan Jawa Tengah), Nia, Gati Wibawaningsih (Kementrian Perindustrian) Ahmad Mahendra dan Pagat Risjanuar P (sekretaris disbudpar kota Bandung)

Menurut Mas Taruna tidak menutup kemungkinan Indonesian Weekend tidak hanya 2 hari saja berlansung di London, dua bulan yang lalu ia mendapatkan tawaran dari kedubes Inggris yang menginginkan acara ini berlangsung 5 kali diberbagai tempat di Inggris.

Bagi seorang chef Degan ia ingin masakan Indonesia bisa dikenal di mancanegara, ia akan mengenalkan masakan keluarga, salah satunya budaya memperkenalkan ‘sudah makan belum’ budaya Indonesia yang mengajak seorang untuk makan dan memberikan kelas workshop kepada masyarakat yang hadir, untuk mengenal lebih dekat makanan Indonesia.

chef-degan

“Saya akan menampilkan makan bersama Nasi Rames, Nasi Padang dan Nasi Tumpeng” ungkapnya pria yang pernah menjadi juri acara memasak disalah satu stasiun televisi.

Ada kejutan dengan hadir 20 orang asli asal Inggris yang akan mengajarkan bermain gamelan workshop dan satunya lagi yang bisa bernyanyi dangdut dipanggung Indonesian Weekend. Dengan luas 6 ribu meter bertuliskan Wonderful Indonesia dan 50 stand ada satu stand yang diisi dengan donasi untuk perlindungan orang utan didaerah Kalimantan.

Dengan adanya 70 ribu masyarakat dunia yang hadir setiap pekan di Potters Field Park, Tower Bridge, London. Indonesian Weekend bertujuan untuk meningkatkan promosi wisata Indonesia dengan target 20 juta wisatawan asing yang akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2019.

(is)

Comments

comments