Keindahan Songket Sambas Penuntup Fashion Festival JFFF 2017

Rangkaian penutup Jakarta Fashion Food & Festival 2017 menjadi Fashion Festival istimewa dengan kehadiran designer House of Irsan.

Selama 7 tahun ia tidak mengeluarkan karya terbarunya sejak tahun 2010. Tahun 2017 Irsan menghadirkan sesuatu yang baru, yaitu “Asha” keindahan kain Songket Sambas. Asha sendiri dalam bahasa sansekerta berarti “Harapan”, yang berarti harapan bagi generasi muda yang sudah mengembangkan kain Songket itu sendiri.

35 look untuk wanita dan 6 look untuk pria, memakai bahan rayon dan polyester. Irsan bekerjasama dengan pengerajin ukm-ukm yang berada didaerah Sambas untuk pertama kalinya. Mengunakan tehnik old typical tailoring cut dengan segi potongan, pola dan alur koleksi yang kuat dan orisinalitas.

Fashion Festival sendiri dalam tiga tahun terakhir selalu menghadirkan designer ternama Indonesia yang fokus melestarikan keindahan kain nusantara, dengan tujuan dapat dilestarikan masyarakat luas sebagai warisan budaya bangsa.

Seperti Didi Budiardjo dengan Batik Pekalongan di tahun 2015, Adrian Gan dengan Songket Sumatera Barat di tahun 2016 dan Asha by House of Irsan dengan Songket Sambas 2017.

Fashion Festival juga ditutup dengan memberikan penghargaan kepada tiga designer mode tanah air dalam Fashion Icon Awards 2017.

– Kategori Lifetime Achievement kepada Baron Manansang sebagai Tokoh Pengembang Tenun Ikat Sutera dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)

– Kategori Fashion Designer kepada Itang Yunaz sebagai Tokoh Designer yang konsisten dalam produksi busana masal.

– Kategori Fashion Industry & Support kepada Rinaldy A. Yunardi sebagai Tokoh Perancang Aksesori Mode Indonesia.

Penasaran seperti apa Keindahan Songket Sambas Penuntup Fashion Festival JFFF 2017, yuk klik link videonya disini
<div style=”posi></div>

Penulis : Irwansyah

Comments

comments