Demam Serial Turki Melanda Indonesia

turki7

Setelah Telenovela ditahun 1990an, Korea tahun 2000an dan India 2014, kini ditahun 2015, serial drama dari negara Turki yang sekarang sedang digemari masyarakat Indonesia karena ceritanya yang menyentuh dan mengharukan, ditambah dengan penampilan para pemainnya yang cantik dan rupawan, serta soundtracknya enak didengar.

Sukses dengan serial Elif (season 1) di SCTV (sekarang tayang lagi rerunnya), dibulan Agustus hadir 3 serial Turki yaitu Shehrazat 1001 Malam-Antv, Cinta Di Musim Cherry-Trans Tv dan Hujur Sokagi/Gang Damai-RCTI.

Awal kehadiran Elif tidak banyak yang memperhitungkan serial ini akan digemari di Indonesia, tayang dibulan maret 2015 namun perlahan dengan pasti posisinya sampai season 1 berakhir tembus top 10 rating televisi Indonesia. Padahal diawal kehadirannya ia bersaing dengan serial telenovela “Reina de Corazones” (RCTI) sayangnya telenovela tersebut tidak sampai 2 minggu langsung distop penayangannya.

Sebenarnya kalau dirunut dari awal serial Turki mulai melanda Indonesia, berawal kehadiran “Abad Kejayaan” yang aslinya King Suleiman atau Muhteşem Yüzyıl tayang di Antv, namun karena banyak yang protes tidak sesuai dengan isi dan judulnya akhirnya diganti dengan judul Indonesia, serial ini tayang dimalam hari. Tayang perdana di Turki 5 Januari 2011 (season 1) dan berakhir 11 Juni 2014 (Season 4).

Sctv selain menghadirkan serial Elif, ada juga serial Zahra, namun sayang serial yang mengisahkan tentang pernikahan dini tersebut hanya bertahan belum sempat sebulan, dan distop penayangnya.

Elif (SCTV)

Kembali ke Elif, serial ini mencuri perhatian masyarakat Indonesia, khususnya para ibu-ibu dan remaja putri, tayangnya sangat pas dijam 12:30 dimana saat jam istirahart dan makan siang.

Konflik bermuara dimulai saat Elif, bocah cantik anak dari Melik yang hendak diculik dan terdampar kerumah Ayah kandungnya (Kenan), Elif tinggal dengan bibi Ayse yang baik hati selalu menjaganya, Zeynep dan paman Selim yang selalu melindunginya dari segala kejahatan.

Elif tidak sendiri ia mempunyai sudara tiri Tugce, awalnya mereka saling bermusuhan, namun seiring waktu persahabatan keduanya terjalin makin erat.

Awal tayang masih 1 jam, melihat respon positif pengemarnya, Elif hadir hingga 3 jam, dan tayang setiap hari. kekuatan serial Elif selain jalan ceritanya yang mengharu biru, setting lokasinya mengingatkan akan telenovela diawal 90an. Elif ditutup dengan episode terakhirnya 183 (Season 1) dan akan kembali tayang season 2 dibulan September. Elif tayang dinegara asalnya Turky 15 Juli 2014 dan berakhir 29 Mei 2015.

Dan berikut para pemain Elif, Isabella Damia Guvenilir (Elif), Selin Sezgin (Melek), Altug Seckiner (Kenan), Cemre Melis Cinar (Arzu), Gulcin Tuncok (Zeynep), Emre Kivilcim (Selim), Zeynep Ogren (Tugce), Hasan Balliktas (Veysel), Ilker Gursoy (Melih), Pelin Caliskanoglu (Pelin), Batuhan Soncul (Murat), Aysun Guven (Aliye) Ozanay Alpankan (Ayse), Gulfer Sarigul (Ipek), Dilara Yuzar (Gonca) dan Taliha Sonag (Serife).

Serunya lagi diulang tahun SCTV pada tanggal 24 Agustus 2015 akan hadir para pemain Elif, Isabella Damia Guvenilir (Elif), Selin Sezgin (Melek), Gulcin Tuncok (Zeynep) dan Emre Kivilcim (Selim).

Cinta Di Musim Cherry (Trans Tv)

Serial drama TV modern yang berasal dari Turki ini memiliki judul original ‘Kiraz Mevsimi’ atau ‘Season of Cherry’ dalam bahasa Inggris. Serial yang dibintangi oleh Serkan Çayoglu, Ozge Gurel, Nilperi Sahinkaya, Daghan Külegeç, dan Nihal Isiksaçan ini akan tayang di Trans TV Agustus mendatang.

‘Cinta Di Musim Cherry’ bercerita tentang Oyku, gadis muda sederhana yang tinggal bersama dengan sang ibu dan adik. Ia bercita-cita menjadi designer pakaian handal.
Sejak kecil ia sudah mencintai Mete, yaitu kakak dari sahabatnya yang bernama Burcu. Namun ia tidak pernah memiliki keberanian untuk menunjukkan perasaannya sehingga Mete tidak pernah tahu akan perasaannya.

Cinta di Musim Cherry adalah serial drama Turki produksi Surec Film tahun 2014 yang tayang di stasiun TV FOX Turki hingga 27 Juni 2015. Season 1 yang sekarang tayang di Trans Tv berlangsung sebanyak 112 episode dengan durasi 45 menit, dan pada Season 2 terdiri 88 episode dengan durasi yang sama perepisodenya.

Shehrazat 1001 Malam (Antv)

Di serial Shehrazat ini, Halit Ergenç akan berperan sebagai bos sebuah perusahaan konstruksi yang jatuh cinta pada bawahannya yang seorang janda cantik bernama Shehrazat. Lalu siapakah pemeran Shehrazat ini?

Tokoh utama wanita dalam serial Shehrazat ini diperankan oleh aktris cantik bernama Bergüzar Korel yang merupakan istri dari Halit Ergenç itu sendiri dalam dunia nyata. Jadi di serial Shehrazat ini, pemerisa televisi Indonesia akan melihat sepasang suami istri ini berakting. Halit Ergenç dengan karismanya dan Korel dengan kecantikannya.

Serial drama yang diproduksi oleh TMC Film dan disutradarai oleh Kudret Sabancı ini rencananya bakal ditayangkan sepanjang 90 episode. Selain 2 artis diatas, Shehrazat juga menampilkan artis-artis Turki terkenal lainnya seperti Tardu Flordun, Ceyda Düvenci, dan Ergün Demir. Dinegara asalnya Shehrazat dengan judul asli Binbir Gece, tayang hingga season 3 dari tahun 2006-2009.

Huzur Sokagi/Gang Damai (RCTI)

Gang Damai ini menceritakan Bilal yang lahir dan dibesarkan di daerah yang sangat kental agamanya. Ayah Bilal telah tiada, maka dari itu ia diurus oleh Hasan. Di tempat lain, Feyza adalah orang kaya dan seorang gadis manja yang dibesarkan dengan nilai-nilai modern dan sedikit angkuh.

Cinta terjadi ketika terjadi taruhan antara Feyza dan temannya Leyla, yang sedang belajar di departemen yang sama dengan Bilal. Feyza yang tahu bahwa Leyla diam-diam jatuh cinta dengan dia mengatakan kepadanya, dengan bercanda bahwa dia bisa merayunya.

Di sisi lain, Sukran yang adalah putri Hasan, akan berjuang untuk cintanya yang mendalam untuk Bilal. Dan ayahnya ingin mereka untuk menikahkannya satu sama lain. Tapi seperti hari berlalu, Bilal yang membayar lebih dan lebih memperhatikan Feyza, yang pernah melihatnya sebagai tidak lebih dari seorang gadis manja.

Namun lama kelamaan Feyza mulai jatuh hati terhadap Bilal. Hubungan mereka tidak berjalan lurus lantaran Bilal merupakan seorang pribadi yang taat akan agama, sedangkan Feyza berlatar belakang dari keluarga yang kaya raya dan modern.

Kutsi (Bilal), Selin Demiratar (Feyza) dan Sinem Ozturk (Sukran) ketiga pemain tersebut adalah kunci utama konflik di serial Huzur Sokagi/Gang Damai.

Sama seperti di Indonesia, para pelaku pageants juga banyak yang terjun kedunia entertainment, Selin Demiratar pemeran Feyza mengawali karier pada tahun 1999, ia ikut kontes kecantikan Miss Globe Turki dan menang, berlanjut mengikuti Miss Globe World dengan hasil juara ketiga.

Tayang perdana di Turki 7 September 2012 – 31 Mei 2013 (season 1 37 episode) dan 13 September 2013 – 18 April 2014 (season 2 30 episode).

Dengan berakhirnya serial Elif, hanya tinggal 3 serial Turki yang tayang di stasiun televisi Indonesia yaitu Shehrazat 1001 Malam , Cinta Di Musim Cherry dan Hujur Sokagi/Gang Damai dan siapakah yang akan mencuri perhatian pemerisa Indonesia, kita tunggu saja ya.

(is)

Comments

comments