Belum Tayang Battle of Surabaya Sudah Dilirik Walt Disney

BOS

Berawal membuat serial untuk televisi, sudah jadi 13 episode namun sayangnya saat ditawarkan kestasiun televisi banyak yang menolak menayangkan. Melihat kondisi tersebut pihak MSV Pictures terus melakukan pembenahan dengan mengikuti seminar film.

“Tahu film dan skenario mana yang menarik dan cocok untuk dipasarkan keluar negeri, akhirnya kami membuat film “Aji Saka” namun karena banyak kendala dan kami fokus membuat “Battle of Surabaya” ujar Aryanto Yuniawan sang sutradara.

Trailer “Battle of Surabaya” banyak meraih penghargaan seperti People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival 2014), Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) 2012 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15 th Annual Golden Trailer Award 2014.

Memakan waktu hingga 3 tahun untuk menyelesaikan pembuatan film tersebut kerjasama MSV Pictures dan Stmik Amikom Yogyakarta, yang diisi para pengisi suara, Ian Saybani, Reza Rahardian, Maudy Ayunda (finalis Gadis Sampul 2009), Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Alejandro Esteban, Sana Hamada dan Vanhoebrouck Patrick Bernard.

Mengambil kisah tentang masa perjuangan diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya, mengisahkan seorang anak bernama Musa (Ian Saybani) penyemir sepatu, ia mencari uang dengan menyemir sepatu kotor siapa saja yang mau disemir, sebagai anak tunggal Musa sangat menyayangi ibunya yang sedang sakit.

Musa tidak sendiri ia mempunyai sahabat Yumna (Maudy Ayunda) yang trauma akan perang, ia dibesarkan oleh keluarga Belanda, saat Jepang masuk ibunya diculik dijadikan Jugun Ianfu, semenjak itu Yumna dendam, ia ditemukan oleh Danu (Reza Rahardian) saat terperangkap kebakaran.

Kedekatan Musa dan Yumna ternyata malah menjadi petaka, dimana Musa ditugaskan sebagai kurir mengantar surat-surat rahasia untuk tentara dan milisi Indonesia, selain mengantar surat rahasia Musa juga bertugas mengantarkan surat tentara kepada keluarganya.

Kekacauan perang membuat Musa dilema antara milih ibunya, Yumna dan mengantar surat rahasia.

Sebelum ditayangkan untuk umum, Battle of Surabaya sudah mendapat perhatian khusus dari Walt Disney khusus Asia Pasific yang tertarik ingin menanyangkan dijaringan mereka keseluruh dunia.

“Awalnya kami mengadakan pameran di Bandung dan bertemu pihak Walt Disney (Asia Pasific), dari situ mereka tertarik” jawab Aryanto Yuniawan saat memberikan jawaban di press conference dan press screening yang diadakan hari selasa (18/8) di XXI Epicentrum Kuningan.

Soundtrack Battle of Surabaya diisi penyanyi pendatang baru yang juga juara 3 X Factor Netherlands 2013 yaitu Angela Nazar, tayang 20 Agustus 2015 diseluruh bioskop Indonesia.

(is)

Comments

comments