Tristan Banggakan Indonesia Dengan Merebut Gelar Juara The Great Australian Spelling Bee 2016

screenshot_2016-09-17-21-35-16-1

Berita membanggakan baru saja datang dari Australia, Hafizh Tristan Bramanta biasa disapa Tristan anak dari Sigid Prasetyo dan Luluk Hanifah asal Ponorogo, yang juga mempunyai adik perempuan bernama Reyna Chiara Laksita, sekarang tinggal di Melbourne, Australia telah mengharumkan nama Indonesia.

tristan-1
Tristan bersama Reyna dan bundanya (Luluk Hanifah) saat berada di Ponorogo

Tristan mengikuti The Great Australia Spelling Bee 2016, pada dibabak grand final Tristan bersaing dengan tiga kontestan lainnya yaitu Zachary, Annie dan Ava. Dalam babak grand final Annie dan Ava tersisih dan meninggalkan Zachary dan Tristan. Hingga akhirnya Tristan bisa mengalahkan Zachary dan terpilih sebagai juara pertama The Great Australian Spelling Bee 2016.

tristan
Tristan bersama Reyna dan Ayahnya (Sigid Prasetyo) di Australia

Dikutip dari Wikipedia, Spelling bee adalah sebuah kompetisi dimana orang (seringkali adalah anak-anak), diminta untuk mengeja salah satu kata (biasanya dalam bahasa Inggris). Kompetisi ini dikenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat.

Sekarang, kompetisi spelling bee tingkat nasional maupun internasional (paling banyak menggunakan bahasa Inggris) telah diselenggarakan di berbagai belahan dunia, seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, Selandia Baru, Kanada, Indonesia, India, Bahrain, Jamaika, Jerman, Puerto Riko, dan lain sebagainya. Instruksi yang sama juga diperkenalkan dalam waktu yang berbeda, yaitu “dikte” (lazim untuk anak TK). Secara resmi, pemenang pertama dari kejuaraan spelling bee resmi adalah Andrew Smith, pada tahun 1925.

Selamat Tristan sudah membanggakan Indonesia.

(is)

Comments

comments