Selamat Kepada Cahya Fredy dan Wardina Mumtazah Terpilih Sebagai Duta Wisata Indonesia 2015

duta-wisata-indonesia-2015

Malam final pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 mencapai puncaknya dengan terpilihnya pasangan Cahya Fredy dan Wardina Mumtazah dari propinsi Jawa Timur sebagai Duta Wisata Indonesia 2015. Pada hari Minggu, (13/12) di Gedung Kesenian Jakarta. Pemilihan yang digelar oleh Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) dibuka dengan tari Saman sebagai tari pembukaan dari Tracesa. Indra Bekti didaulat sebagai pembawa acara (MC) acara malam puncak tersebut.

Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 diikuti oleh 44 wakil (22 pasang) duta wisata dari 22 propinsi di Indonesia. Mereka berhak mewakili daerahnya di tingkat nasional setelah memenangkan pemilihan duta wisata di daerahnya masing-masing. Selama masa karantina di Jakarta yang menjadi tuan rumah pemilihan duta wisata Indonesia tahun ini, para finalis juga dibekali berbagai ilmu yang pastinya akan berguna seperti optimalisasi social media dalam dunia pariwisata dan tentang Komunikasi.

Setelah opening dance oleh para finalis, tibalah saatnya sesi penjurian pertama. Finalis dibagi menjadi 2 kelompok dan masing-masing harus memberikan presentasi tentang busana daerah yang dikenakannya dalam waktu 60 detik. Sesi ini sangat berkesan karena kita bisa mengetahui corak, bahan, warna, makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Yang paling IP ingat adalah presentasi dari Jateng dimana dikatakan bahwa konde/sanggul yang dikenakan lebih besar dari kepala mempunyai makna bahwa perempuan Jawa harus memiliki pemikiran yang besar. Acara kemudian diselingi dengan pertunjukan seni tutur kata oleh Mulia Mardi (Duta Wisata Aceh 2013) yang kocak. Segmen selanjutnya adalah pengumuman 10 besar dan finalis yang lolos adalah Sumatera Barat, Jambi, Jawa Tengah, Papua, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Bali.

Tahap penjurian selanjutnya adalah 10 besar harus memperkenalkan daerahnya masing-masing dalam waktu hanya 30 detik. Beberapa pasang finalis melakukannya dengan gaya mereka masing-masing seperti berdialog, presentasi dan menyanyi sehingga suasana menjadi tidak monoton dan kaku. Setelah selesai, terpilihlah propinsi Nusa Tenggara Timur, Papua, Jawa Timur, Bali dan Kalimantan Timur menjadi 5 besar.

Seleksi akhir dilakukan dimana 5 besar terpilih harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para dewan juri dalam waktu 30 detik. Beberapa finalis terlihat tenang, gugup dan ada juga yang tidak menyelesaikan jawabannya karena waktu telah habis. Sebelum pengumuman pemenang, diadakan acara seremonial penandatangan MOU kepada propinsi Papua dan NTT sebagai tuan rumah pemilihan Duta Wisata Indonesia 2016 & 2017.

Malam final ditutup dengan pengumuman para pemenang yaitu :
Duta Wisata Indonesia 2015 – Cahya Fredy dan Wardina Mumtazah (Jawa Timur)
Wakil 1 Duta Wisata Indonesia 2015 – Richardo Kaisiri dan Riebka Yoku (Papua)
Wakil 2 Duta Wisata Indonesia 2015 – Jevon Samuel dan Maya Elvira (Kalimantan Timur)

Para pemenang atribut Duta Wisata Indonesia 2015 :
Duta Wisata Indonesia Perdamaian 2015 -M. Ikbal Putera dan Yessy Longley U (NTT)
Duta Wisata Indonesia Best Social Media 2015 – Meriza Akbar dan Cut Hariyani (Aceh)
Duta Wisata Indonesia 4 Pilar – Digdo Wicaksono dan Merry Hardiyanti (Jambi)
Duta Wisata Indonesia Inteligensia – Nanda Priantara dan Nita Susianita (Bali)
Duta Wisata Indonesia Persahabatan – Gerald dan Ella Rumfaker (Papua Barat)

Selamat kepada para pemenang dan mari kita semua juga turut mendukung mereka dalam memajukan pariwisata Indonesia karena sesuai dengan motto “Everybody is Tourism Ambassador” dan “Wonderful Indonesia”.

(lauw/Is)

Comments

comments