Inilah Pemenang Koko Cici Indonesia 2018

Acara Koko Cici Indonesia 2018 kembali sukses diselenggarakan pada hari Jumat, 13 April 2018 di Baywalk Mall. Ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah pertama kalinya diadakan di tahun 2016.

Koko Cici Indonesia adalah ajang duta wisata untuk mempersatukan dan melestarikan kebudayaan Tionghoa yang tersebar di Indonesia. Acara diadakan setiap dua tahun sekali.

Pada tahun 2018 ini diikuti oleh 32 finalis yang terpilih dari 8 provinsi yaitu : DKI Jakarta, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Koko Dumas Flis Tang, selaku Koko Indonesia 2016 dan Ketua Pemilihan Koko Cici Indonesia 2018, beliau mengatakan bahwa pemilihan tahun ini bertujuan membangkitkan semangat anak muda Indonesia dan mengajak mereka berkontribusi memajukan kebudayaan Tionghoa ke seluruh Indonesia.

Mengangkat tema ‘Kita Muda Kita Kerja, Kita Merah Putih, Kita Muda’ pemenang Koko Cici Indonesia 2018 dinilai berdasarkan 4 kriteria KOCI, yaitu Komitmen, Organisator, Cakap, dan Intelektual.

Dalam malam final, 32 finalis dinilai oleh 8 dewan juri, Dra. Esthy Reko Astuti Yakni M.SI (Kementrian Pariwisata RI), Drh. Richard Lim (Mister International Indonesia 2016), Tina Toon (Selebritis), Wilson Wijaya, S.Hum, M.H (Ikatan Koko Cici Indonesia), Dr. Hasan Karman, S.H, MM (Bidang Organisasi & Kepemudaan), Yoshy Mutiart, Psi (Psikolog), Elke Alexandrina, M.Sc (Public Speaking), dan Ardian Cangianto (Bahasa Mandarin & Kebudayaan Tionghoa).

Acara dibuka dengan parade traditional costume modifikasi yang dilanjutkan dengan tarian nusantara, nyanyian lagu mars Koko Cici Indonesia, parade busana malam, dan langsung diumumkan siapa yang melaju ke top 8 untuk mendapatkan sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Sebelum diumumkan para pemenang, acara dimeriahkan dengan lantunan suara merdu Shena Melsiana jebolan Indonesian Idol dan Alena Wu juara Asia Bagus tahun 2000. Melalui perdebatan panjang akhirnya dewan juri mengumumkan nama pemenang.

Koko Cici Indonesia 2018 diraih oleh Koko Steven T (DKI Jakarta II) dan Cici Fransiska K (Sulawesi Selatan I)


Runner Up 1 :
Koko Jason (Sulawesi Selatan I) dan Cici Bella Arista (Jawa Barat III)


Runner Up 2 :
Koko Steven C (Sumatera Selatab II) dan Cici Melina Dewi (Sulawesi Selatan II)

Spesial Awards Koko Cici Indonesia 2018
Best Traditional Costume : Koko Jimmy E (Riau) dan Cici Siti Dewinta (Sumatera Selatan II)


Best Talent :
Koko Firman Adi (D.I.Yogyakarta) dan Cici Putri (Nusa Tenggara Timur)


Most People Choice :
Koko Yan Sen (Sumatera Selatan I) dan Cici Jaswenny (Riau)

Selamat kepada para pemenang dan sampai jumpa pada pemilihan Koko Cici Indonesia 2020 di Sulawesi Selatan.

Penulis : Irwansyah
Editor : Lauwardy

Comments

comments