It’s Me: Interview Puteri Indonesia DKI6 2016

gemma

Delicia Gemma Syah Marita atau biasa disapa Gemma adalah None Jakarta 2013. Ia adalah anak perempuan satu-satunya di keluarganya, tiga bersaudara dengan 2 adik laki-laki. Segudang prestasi ia raih, dari bidang akademis, modeling dan pernah mempromosikan pariwisata Indonesia di World Travel Market di London Inggris, CII Fest di India, serta di Vietnam. Semangat jiwa mudanya sebagai pebisnis ia lakukan dengan membuat clothing line “DELICIA” dengan omset ratusan juta dalam 9 bulan berdiri. Mahasiswi S2 hukum di Universitas Indonesia ini akan mewakili DKI6 di Puteri Indonesia 2016. It’s Me Gemma :

1. Biodata :

Nama Lengkap/ Panggilan : Delicia Gemma Syah Marita / Gemma
Tempat/Tgl lahir : Jakarta, 8 Nov 1993
Tinggi badan : 173cm
Zodiak/Shio : Scorpio/Ayam
Hobby : Menari (Traditional/Modern), Fashion Design, Membaca.

1. Prestasi (Minimal 5 di berbagai bidang)
Akademik :
– 1st Winner, Best Prosecutor, Best Legal Counsel, Best Files (National Moot Court Competition on Cyber Crime).
– Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dengan predikat Cum Laude.
-Mahasiswi aktif S2 Magister Kenotariatan Universitas Indonesia.
– Peraih Beasiswa S2 di London School of Public Relations.
– Menjadi salah satu perwakilan mahasiswa Indonesia di Bangkok Thailand, terpilih dari >500 orang. (Berpartisipasi aktif di Forum Terbesar Asian Law Students’ Association : Perkumpulan Mahasiswa Hukum se Asia)

Others :
– Juara 1 None Jakarta Utara 2013.
– Juara 1 None Jakarta 2013.
– Acted as official tourism ambassadors representing Jakarta, aktif mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia di beberapa acara Nasional dan Internasional. Termasuk World Travel Market di London Inggris, CII Fest di India, serta di Vietnam.
– Terpilih menjadi salah satu Cultural Ambassador mewakili Indonesia dalam misi budaya di International Folk Dance Festival Turkey.
– Lulusan OQ Modelling tingkat advanced, menjuarai sejumlah lomba modeling, dan menjadi model di beberapa acara besar.
– Terpilih menjadi salah satu inspirational women entrepreneurs oleh salah satu brand terkemuka di Indonesia.
– Menjuarai sejumlah lomba modern dan traditional dance tingkat nasional seperti Bulungan Cup, Sky Battle dll. Menjadi juri di beberapa perlombaan traditional&modern dance.
– Aktif menjadi moderator dan MC di sejumlah acara besar termasuk The 7th International Kampoeng Jazz.

gemma-2
2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu :

– Ketoprak Ciragil! The best ketoprak in the universe! Walaupun tempatnya kecil, but this is my favorite. Rasa bumbunya benar benar lain dari yang lain, harus coba sendiri biar bisa merasakan dan pasti ketagihan.
– Martabak Walikota (ownernya adalah None Jakarta 2012, walaupun baru tapi ngga kalah sama yang laiin!)
– Roti Bakar Eddy! Topping yang sangat bervariasi dan harga yang tidak menguras dompet. Menjadi tempat “tongkrongan” favorite anak muda Jakarta.
– Jalan Sabang! Dikenal dengan jajanan kaki lima nya, yang rasanya ga kalah dengan bintang lima.
– Pasar Santa. Mayoritas diisi oleh creative young entrepreneurs Jakarta, makanan dan minuman yang dijual disini lain dari yang lain. Mulai dari hotdog yang warnanya hitam, minuman-minuman unik, dll. Ngga ragu dengan kualitas buatan pengusaha muda Jakarta.
– Bandar Djakarta di Ancol. Cocok untuk penggemar seafood! Harga tergolong murah dengan pemandangan laut yang indah serta diiringi penampilan menarik.
-Kerak Telor!!! –> Paling enak makannya langsung di Setu Babakan, karena langsung bisa cobain banyak kuliner khas Betawi lainnya. Ada bir pletok, dodol betawi, dan lain-lain! Bahkan bisa jalan-jalan sambil lihat langsung rumah khas betawi, sampai lihat dan ikut belajar langsung silat beksi dan tarian tradisional betawi bareng anak-anak kecil disana.

Oleh oleh :
Makanan dan Minuman :
Roti Buaya, Bir Pletok, Kue Kembang Goyang, Dodol Betawi (Semua bisa didapat di Setu Babakan).

Souvenirs :
Gantungan kunci / hiasan kulkas / mug / kaus bergambar Ondel-ondel, Monas, sampai Abang None Jakarta (Di Monas banyak yang jual, Ikatan Abang None Jakarta juga jual)

3. Ceritakan siapa diri kamu :

Saya adalah seorang student-entrepreneur. Saya kuliah S2 hukum di Universitas Indonesia pada siang hari, dan saya mengelola bisnis clothing line saya sendiri, DELICIA, pada malam hari dan akhir pekan.

Tanpa ada latar belakang pendidikan bisnis, Saya memulai, mengembangkan, dan mengoperasikan bisnis Saya sendiri yaitu clothing line dengan nama Saya sendiri yaitu DELICIA yang bergerak di dailywear wanita dan juga batik. Saya menjalankan semuanya sendiri mulai dari menggambar desain, mencari supplier, mengelola strategi pemasaran, sampai ke manajemen keuangan.

Melalui kerja keras, saat ini hanya dalam 9 bulan, DELICIA sudah memiliki omzet ratusan juta rupiah per bulannya yang terus bertumbuh lebih besar setiap bulannya. Baru-baru ini Saya terpilih menjadi salah satu inspirational women entrepreneurs oleh salah satu brand terkemuka Indonesia.

Saya adalah wanita Indonesia yang gigih, bertekad kuat, dan melakukan semua kegiatan dengan hati untuk mencapai mimpi Saya, dan itu yang akan Saya tawarkan jika Saya terpilih sebagai Puteri Indonesia.

gemma-1

4. Pengalaman paling berkesan dan menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia) :

Saya pernah menjadi ketua acara dari suatu program aksi sosial penggalangan dana untuk Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Selama kurang lebih 3 bulan, kami mempersiapkan segalanya mulai dari menggalang dana dari perusahaan serta warga sekitar, melalui hasil penjualan barang bekas, dan usaha usaha lainnya.

Hasil penggalangan dana alhamdulillah terkumpul jutaan rupiah dan 100% disumbangkan ke YKAKI. Kami juga membuat sebuah acara bermain sambil belajar bersama anak-anak disana. Kami mengajarkan sedikit tari tradisional, menggambar, mewarnai, serta mengajak mereka mengenali lagu-lagu kebangsaan Indonesia.

Terakhir, kami menanamkan nilai-nilai kepada mereka untuk terus percaya bahwa mereka akan kembali sehat agar mereka tetap berjuang, selalu berdoa dan semangat untuk menjalani hidup. Melihat mereka akhirnya tersenyum, tertawa, berdoa, memiliki harapan, memiliki semangat menjalani hidup bahkan semangat untuk meraih cita-cita mereka adalah satu hal yang sangat berarti bagi Saya.

gemma-3

5. 5 Fakta Unik tentang kamu :

5 Fakta Unik Saya, yaitu:
– Mendalami tari tradisional Indonesia selama lebih dari 15 tahun. Menguasai puluhan tari tradisional termasuk Betawi, Bali, Jawa, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Melayu, dan lain-lain.
Secretly love to record myself singing while playing ukulele 😛
Surprising people on their birthdays with handmade crafts.
Because I live far away in Bandung for college, I always look forward to sleeping beside my mom at home.
Love reading! Current and favorite read: Brene Brown’s Daring Greatly

Warm regards,
Delicia Gemma Syah Marita
Puteri Indonesia DKI Jakarta 6

Sumber foto : Instagram Gemma
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is)

Comments

comments

One thought on “It’s Me: Interview Puteri Indonesia DKI6 2016