Inilah Lima Atlet Olimpiade Paling Keren

olimpiade-6

Pertandingan Olimpiade adalah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Olimpiade merupakan kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia, dengan lebih dari 200 negara berpartisipasi.

Dalam setiap penyelenggarannya, ada beberapa atlet yang mencuri perhatian masyarakat luas dan menjadi idola baru, berikut ada lima atlet olimpiade, paling keren versi Indonesian Pageants.

olimpiade-5
Ning Zetao
Atlet renang asal Tiongkok dengan spesialiasi pada nomor sprint gaya bebas. Zetao dilahirkan tanggal 3 Maret 1993 di kota Zhengzhou sebagai anak tunggal dari sebuah keluarga yang memiliki latar belakang militer yang sangat kuat. Orang tuanya mendaftarkan Zetao untuk latihan renang di usia 8 tahun karena dia takut air. Ternyata bukan saja dia berhasil melupakan ketakutannya pada air, Zetao bahkan kemudian menunjukkan bakatnya di dunia renang. Prestasi terbaiknya saat ini adalah sebagai juara dunia nomor 100 meter gaya bebas putra yang dicapainya pada Kejuaraan Dunia Renang tahun 2015 di Kazan, Rusia.

Selain rupawan, Zetao juga punya fisik yang jangkung dan atletis. Tingginya 191 cm dan beratnya 81 kg. Di Tiongkok sendiri, dia punya banyak sekali fans (mayoritas tentunya wanita muda), sehingga saat ini dia juga laris manis menjadi bintang iklan. Di luar kegiatannya sebagai atlet renang, Zetao juga mengikuti jejak ayah dan kakeknya untuk bergabung dalam tentara nasional negaranya. Saat ini Zetao memiliki pangkat Letnan dan bergabung dalam Angkatan Laut Tiongkok.

olimpiade-2

Pita Taufatofua
Atlet taekwondo asal Tonga yang mencuri perhatian dunia dan menjadi trending topic berkat penampilannya sebagai pembawa bendera Tonga di Olimpiade 2016. Pita dilahirkan di Australia pada tanggal 5 November 1983 namun dibesarkan di Tonga. Ayahnya berdarah Tonga sedangkan ibunya berdarah campuran Australia dan Inggris. Dia mulai berlatih taekwondo di usia 5 tahun dan merupakan atlet taekwondo pertama asal Tonga yang berhasil lolos ke Olimpiade.
Pita memiliki tinggi 192 cm dengan berat 100 kg. Dengan posturnya tersebut tak heran penampilannya di Pembukaan Olimpiade 2016 yang bertelanjang dada dan hanya memakai pakaian tradisional ta’ovala menjadi viral. Pita sendiri juga memang pernah menjadi model saat berusia 18 tahun. Selain itu dia pun juga memiliki gelar Sarjana di bidang teknik dan saat ini juga sedang meneruskan pendidikannya untuk meraih gelar Magister.

olimpiade-4

Joseph Schooling
Joseph adalah atlet renang asal Singapura dengan spesialisasi di nomor sprint gaya kupu-kupu. Dia dilahirkan pada tanggal 16 Juni 1995 di tengah keluarga yang multietnis. Ibunya adalah wanita keturunan Tionghoa asal Malaysia yang kemudian menjadi warga Singapura, sedangkan ayahnya keturunan Inggris dan Portugis. Joseph memulai prestasinya didunia renang setelah meraih medali perunggu pada SEA Games 2011 di Indonesia untuk nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra. Lima tahun kemudian, dia berhasil meraih medali emas Olimpiade untuk nomor yang sama, setelah mengalahkan idola masa kecilnya, Michael Phelps.

Pahlawan terbesar yang berjasa bagi Joseph yang memiliki tinggi 183 cm dan berat 74kg ini adalah ibunya. Di tahun 2013, Joseph mendapat panggilan untuk mengikuti wajib militer. Namun ibunya berjuang agar panggilan wajib militer Joseph ditangguhkan hingga akhir Olimpiade 2016 sehingga persiapan dan latihannya tidak terganggu. Permohonan ibu Joseph dikabulkan dan akhirnya berbuah manis karena Joseph membalas perjuangan ibunya dengan medali emas Olimpiade.

olimpiade-3

Arthur Nory Oyakawa Mariano
Atlet senam artistik asal tuan rumah Brasil yang berdarah campuran Brasil dan Jepang. Arthur dilahirkan di Campinas pada tanggal 18 September 1993. Oyakawa adalah nama keluarga ibunya sedangkan Mariano adalah nama keluarga ayahnya. Dalam pertandingan senam artistik, Arthur biasanya merupakan jagoan Brasil untuk nomor lantai (floor) dan meja lompat (vault). Salah satu prestasi terbaiknya adlah meraih medali perak untuk nomor semua alat (all-around) putra pada piala dunia senam artistik di Skotlandia pada tahun 2016.

Arthur yang memiliki tinggi 169 cm dan berat 65 kg ini memang sudah punya banyak fans sejak awal. Namun di Olimpiade 2016 ini namanya semakin mencuat setelah atlet senam artistik Simone Biles asal Amerika Serikat menyebutnya sebagai “pacar Brasil-nya”. Sempat muncul dugaan keduanya memang pacaran, namun kabar terakhir menyebutkan keduanya bukanlah pacar melainkan hanya teman baik yang saling mendukung satu sama lain.

olimpiade-1

Tom Daley
Atlet loncat indah asal Inggris yang menjadi “poster boy” alias sorotan media saat Olimpiade 2012 berlangsung di negaranya. Tom dilahirkan pada tanggal 21 Mei 1994. Dalam pertandingan loncat indah, spesialisasinya adalah nomor papan 10 meter putra. Nama Tom pertama kali diperhitungkan dunia setelah di usia 15 tahun dia menjadi juara dunia pada nomor yang menjadi spesialisasinya tersebut. Tom sendiri saat ini sudah mengkoleksi 2 medlai perunggu Olimpiade, satu dimenangkannya di Olimpiade 2012 dan satu lagi di Olimpiade 2016.

Tom yang memiliki tinggi 177 cm dan berat 74 kg ini selain aktif di dunia olaharag juga sangat aktif di media sosial. Dia memiliki channel Youtube pribadi yang sangat populer dan juga pernah tampil dalam beberapa acara televisi termasuk salah satunya “Tom Daley Goes Global” di mana Tom dan sahabat baiknya Sophie berkeliling dunia selama 6 minggu dan mencoba berbagai petualangan ekstrim untuk mengumpulkan dana bagi penderita kanker.

(aw)