Hari Batik Nasional Bersama Putra Putri Batik Nusantara 2014

4

Siapa yang tidak mengenal kain Batik, dari selembar kain menghasilkan ragam motif dan banyak makna filosopi yang terkandung didalamnya, bahkan menjadikan batik menjadi pilihan utama dalam berpakaian sehari-hari masyarakat Indonesia.

Kata Batik berasal dari “Amba, Bakar dan Titik” yang berarti kain lebar yang dititik atau dicanting. Sebuah kain bisa disebut Batik jika melewati tiga urutan proses, yaitu pencantingan, pewarnaan dan pelorotan.

2

Sekarang hampir semua kalangan memilih batik sebagai salah satu pakaian wajib. Batik mulai mendapat perhatian setelah UNESCO menetapkannya sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi pada 2 Oktober 2009. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober dijadikan Hari Batik Nasional.

Selain dijadikan pakaian baik itu untuk keperluan formal maupun informal, batik yang juga sudah diakui dan banyak disukai kalangan asing, dijadikan juga ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara, ajang pemilihan yang sudah berlangsung tahun keempatnya ini, beberapa hari yang lalu sudah dilangsungkan pemilihannya.

Pada hari minggu 28 September 2014 bertempat di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2014 jatuh kepada Garuda Cakti Viratama-Surabaya dan Nina Jane Bustan-Jakarta, Adrianus Sandy-Jakarta dan Fransisca Oki-Solo Pemenang Kedua PPBN 2014, Gusti Made – Denpasar dan Cindy Herlin-Jakarta Pemenang Ketiga PPBN 2014, Eri Dwi C-Solo dan Anesia Anggun Kinanti-Jakarta Pemenang Favorit PPBN 2014, William Wimpy-Bandung dan Insi Detia-Banjarmasin Pemenang Persahabatan PPBN 2014 dan Garuda Cakti-Surabaya dan Fransisca Oki-Solo Pemenang Berbakat PPBN 2014

Sebagai pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2014 Garuda Cakti Viratama dan Nina Jane Bustan, berkewajiban memperkenalkan budaya batik kepada masyarakat luas terutama anak-anak muda Indonesia, agar mau menjaga, mencintai dan melestarikan kebudayaan Batik Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional.

(is)

Comments

comments